Sabtu, 14 Januari 2012

Tujuan Pendidikan


Tujuan Secara Vertical
1. Tujuan Nasional
Tujuan yang ditetapkan oleh Negara sesuai ketetapan yang berlaku yang menjadi kebijaksanaan Negara tersebut yang tercantum dalam GBHN, TAP MPR, peraturan pemerintah serta ketentuan Departemen Pendidikan Nasional.
2. Tujuan Institusional
Suatu tujuan yang didasarkan kepada tingkat atau jenjang pendidikan masing-masing.
3. Tujuan Kulikuler
Suatu tujuan yang didasarkan kepada tingkat silabus atau Gbpp (Garis besar program pelajaran)
4. Tujuan Instruksional
Tujuan yang berdasarkan kepada tema atau sub tema, konsep atau sub konsep, pokok bahasan atau sub pokok bahasan. Tujuan ini terbagi menjadi dua, yaitu umum dan khusus. Umum meliputi tema sedangkan khusus meliputi indicator.

Tujuan Secara Horizontal
Menurut Langeveld dalam bukunya “beknopte teoritische pedagogic” dibedakan adanya macam-macam tujuan, yaitu:
  1. Tujuan Umum
Tujuan yang hendaknya dijadikan orang tua dalam menyekolahkan anak ke dalam pendidikan secara menyeluruh. Contohnya: pengetahuan, budaya, kebersihan.
  1. Tujuan Tak Sempurna (Tak lengkap)
Suatu tujuan yang bertujuan mengenai segi-segi kehidupan manusia (kepribadian) tertentu yang hendak dicapai dengan paendidikan yaitu segi-segi yang berhubungan dengan nilai-nilai hidup. Contohnya: keindahan, kesusilaan, keagamaan, kemasyarakatan.
  1. Tujuan Sementara
Merupakan tempat-tempat perhentian sementara pada jala yang menuju ke tujuan umum. Contoh: belajar kebersihan, belajr berbicara, belajar berbelanja, belajar bermain-main dengan teman.
  1. Tujuan Perantara
Yaitu bertujuan adalah berupa metode-metode atau teknik-teknik sebagai perantara untuk mencapai tujuan jikalau seseorang atau anak dapat melakukannya sendiri, berarti tujuan sementara telah tercapai.
  1. Tujuan Insidental
Tujuan yang bersifat mendadak atau disesuaikan dengan kondisi situasi.

1 komentar: