Sabtu, 14 Januari 2012

Penyebab Terjadinya Perubahan Sosial


Perubahan social terjadi karena adanay factor-faktor yang mempengaruhinya. Factor-faktor tersebut berasal dari dalam maupun dari luar masyarakat itu sendiri. Factor penyebab yang berasal daari dalam meliputi:

  1. Bertambah atau berkurangnya penduduk
Pertambahan penduduk yang cepat akan menyebabkan perubahan dalam struktur masyarakat, khususnya dalam lembaga kemasyarakatan. Sedangkan berkurangnya penduduk akan berakibat terjadinya kekosongan baik di dalam pembagian kerja, maupun stratifikasi social.

  1. Penemuan-penemuan baru
Suatu proses social dan kebudayaan yang besar, tetapi terjadi dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama, adalah inovasi. Proses tersebut meliputi suatu penemuan baru, jalannya unsure kebudayaan baru yang tersebar ke lain-lain bagian masyarakat dan cara-cara unsure kebudayaan baru tai diterima, dipelajari dan akhirrnya dipakai dalam masyarakat yang bersangkutan. Penemuan baru sebagai akibat terjadinya perubahan-perubahan dapat dibedakan dalam pengertian discovery dan invention. Discovery adalahpenemuan unsure kebudayaan yang baru, baik berupa alat, ataupun yang berupa gagasan yang diciptakan oleh seorang individu atau serangkaian ciptaan individu para individu. Discovery akan menjadi invention, jika masyarakat sudah mengakui, menerima serta menerapkan penemuan baru terebut.

  1. Pertentangan (conflict) masyarakat
Pertentangan ini bisa terjadi antara individu denagn keelomok ataupun antara kelompok dengan kelompok. Misalnya pertentngan antar generasi.

  1. Terjadinya pemberontakan atau revolusi
Revolusi yang terjadi pada suatu masyarakat akan membawa akibat berubahnya segala tatacara yang berlaku pada lembaga-lembag kemasyarakatan. Biasanay hal ini diakibatkan karena adanya kebijaksanaan atau ide-ide yang berbeda. Sedangkan factor penyebab terjadinay perubahan social yang berasal dari luar masyarakat, meliputi:
  1. Lingkungan atau fisik yang ada disekitar manusia
Adanya bencana alam akan mengkibatkan perpindahan masyarakat ke tempat baru yang mengakibatkan masyarakat harus beradaptasi dengan lingkunagn yang baru. Hal ini menyebabkan lembaga social yang ada pada masyarakat juga berubah.
  1. Terjadinya perang
Terjadinya perang antar suku ataupun Negara berakibat munculnya perubahan-perubahan pada suku atau Negara yang kalah. Pada umumnya mereka yang menang akan memaksakan kebiasaan ataupun kebudayaannya pada masyarakat yang kalah.
  1. Pengaruh kebudayaan asing
Adanya pengaruh kebudayaan asimg ini dapat mempengaruhi terjadinya perubahan pada masyarakata. Setiap kebudayaan masyarakat akan mempengaruhi masyarakat lainnya, tetapi juga dpat menerima pengaruh kebudayaan dari masyarakat yang lain pula. Adnya proses penerimaan pengaruh kebudayaan asing ini disebut dengan akulturasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar