Sabtu, 14 Januari 2012

Beberapa Istilah dalam PLS


Istilah-istilah yang dimaksud penting untuk dikenali di dalam rangka membangin konsep, batasan atau pengertian PLS. Beberapa istilah yang berasal dari luar, seperti :
  1. Mass Education
Istialah mass education menunjukkan pada aktifitas pendidikan di masyarakat yng sasarannya kepada individu-individu yang mengalami keterlntaran pendidikan. Mass education ini dapt dikatakan semacam literacy program yaitu pemberantasan buta huruf atau program keaksaraan yang bertujuan selain mampu baca tulis tetpi juga supaya memperoleh pengetahuan umum yang relevan bagi keperluan hidupnya.
  1. Community Education
Istilah ini menunjuk pada suatu gerkan pendidikan yang ditujukan bagi persekutuan-persekutuan hidup, sehingga bekemampuan dan berkebiasaan hidup yang relevan dengan keperluan hidup. Dilihat sebagai persekutuan yang membutuhkan bimbingan dan pengarahan supaya fungsional dan dinamik di dalam mengurusi diri sendiri.
  1. Fundamental Education
Istilah fundamental education menunjuk pada suatu gerakan yang bertujuan untuk memajukan perikehidupan dan penghidupan masyarakat baik social maupun ekonomi.
  1. Extention Education
Extention education ini merupakan suatu gerakan, bimbingan dan penyuluhan kepada masyarakat yang dilakukan oleh lembaga-lembaga pendidikan tinggi/kejuruan menengah, yang bekerjasama dengan instansi-instansi pemerintahan.
  1. Community Development
Merupakan usaha, proses atau gerakan sebagai satu organisai dan system social yang dapat menolong dirinya sendiri.
  1. Adult Education
Adult education ini menunjuk pada aktifitas-aktifitas paendidikN Bgi orng-orang dewasa yang berlangsung di luar system persekolahan. Ada beberapa jenis pendidikan orang dewasa, yaitu
  1. Pendidikan bekal bekerja
  2. Pendidikan jiwa baru
  3. Pendidikan kader
  4. Pendidikan yang bersifat rekreatif-apresiatif dan kesegaran jasmani.
  1. Learning Society
Istilah learning society menunjuk pada kenyataan dimana warga masyarakat secara aktif menggali pengalaman belajar di dalam setiap sela dan segi kehidupannya.
  1. Life-long Education
Istilah ini menunjuk pada suatu kenyataan, kesadaran baru, azas baru dan juga harapan baru, bahwa : Proses pendidikan dan kebutuhan pendidikan berlangsung di sepanjang hidup manusia. Tidak ada istilah terlambat, terlalu tua maupun terlalu dini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar